Press Release Deklarasi Hasil Kongres II Komite Nasional Papua Barat (KNPB)

Deklarasi Hasil Kongres II Komite Nasional Papua Barat (KNPB)

-

Atas nama Allah leluhur bangsa Papua Barat, atas nama tulang beluang yang berserakan di atas tanah ini, atas nama mereka yang bergerilya di hutan rimba, atas nama mereka yang hidup di pengungsian, atas nama mereka yang sedang bergerilya di luar negeri.

Kami Komite Nasional Papua Barat (KNPB) sebagai media nasional rakyat Papua Barat  terus berjuang demi terwujudnya agenda hak penentuan nasib sendiri bagi rakyat Papua melalui mekanisme referendum sebagai solusi demokratis.

Hari ini, secara terbuka kami ingin menyampaikan hasil keputusan Kongres ke-II KNPB yang dilaksanakan di kampung Vietnam pada tanggal 23-25 Oktober 2018 dan dihadiri oleh 600 peserta dari 29 KNPB wilayah dan 7 wilayah KNPB Konsulat Indonesia.

Dengan melihat dinamika perjuangan pembebasan nasional Papua Barat secara menyeluruh dan kritis, melalui usul, saran, masukan serta mempertimbangkan hasil pembahasan komisi-komisi dalam kongres II.

Forum kongres ke-II KNPB memilih kepengurusan baru KNPB Pusat dan menghasilkan resolusi-resolusi yang merupakan kesatuan sikap dan kebulatan tekad dari seluruh delegasi KNPB yang merupakan pimpinan rakyat West Papua dari Wilayah dan Konsulat yakni memutuskan untuk berjuang mencapai cita-cita bangsa Papua Barat yang merdeka secara politik melalui Jalur Referendum sebagai solusi damai dan demokratis.

Guna mencapai tujuan itu, KNPB menyerukan:

Pertama: Mobilisasi Umum menuju Mogok Sipil Nasional sebagai Agenda Aksi Nasional Bangsa Papua.

Kedua: Disampaikan kepada rakyat Papua Barat dan kepada seluruh komponen perjuangan untuk kembali mengakui TPNPB sebagai satu-satunya Militer Papua Barat.

Ketiga: Kembali memperkuat Lembaga Politik Bangsa Papua sebagai wadah representatif Papua dan alat demokrasi partisipatif rakyat Papua.

Keempat: Kembali mendukung persatuan diplomat dalam wadah koordinatif ULMWP di Internasional.

Kelima: Kongres ke-II KNPB secara demokratis memilih dan melantik pengurus baru KNPB Pusat dengan komposisi: Ketua Umum AGUS KOSSAY, Ketua I WARPO WETIPO, Sekretaris Umum FERONIKA HUBI, Sekretaris I MECKY YEIMO, Jubir Nasional ONES SUHUNIAP, Jubir Internasional VICTOR F YEIMO, Bendahara PATRICK LOGO dan dilengkapi komisariat-komisariat serta bidang berdasarkan kebutuhan perjuangan.

Demikian hasil keputusan kongres ke II KNPB ini kami sampaikan dengan penuh tanggung jawab, atas perhatian disampaikan terima kasih.

Port Numbay, 30 Oktober 2018

Mengetahui

Badan Pengurus Pusat KNPB

Agus Kossay: Ketua Umum

Feronika Hubi: Sekertaris Umum

Redaksi Lao-Lao
Teori pilihan dan editorial redaksi Lao-Lao

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Kirim Donasi

Terbaru

Dimana Mahasiswa Papua di Tengah Konya Alami Masalah?

Pada 7 Juni 2024, saya berada di tengah warga...

Pernyataan Sikap Atas Serangan Brutal Wene Kilungga Anggota KNPB Pusat

Pernyataan Sikap Ini adalah pernyataan sikap 15 korban dan gerakan Green Papua, Kunume Numbay, Lao-Lao Papua, Forum Independen Mahasiswa West...

Hidup dalam Reruntuhan: Ekstraktivisme Agraria di Keerom Papua

Keerom, salah satu kabupaten di Papua yang berbatasan langsung dengan Papua Nugini, memendam sejarah panjang yang saling terkait, mulai...

Diskusi Lao-Lao TV: Internally Displacedpersons, Narasi Perempuan dan Hutan

https://www.youtube.com/watch?v=gtumXDTsjX0 Beberapa tahun terakhir Papua bergejolak. Konflik antara TPN-PB melawan TNI dan Polri semakin memanas. Perang kemerdekaan TPN-PB sudah semakin...

Diskusi Lao-Lao TV: Menolak Perusahan Tebu dan Bioetanol di Kimahima dan Maklew Merauke

https://www.youtube.com/watch?v=oPlpwLYvuZs&t=5105s Pada Kamis, 13 Juni 2024 masyarakat adat suku Kimahima di Distrik Kimaam dan suku Maklew dari Distrik Ilwayap, Merauke...

Rubrikasi

Konten TerkaitRELATED
Rekomendasi Bacaan