Pilihan Redaksi Surat Terbuka PRP Kepada ULMWP

Surat Terbuka PRP Kepada ULMWP

-

Untuk United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) dari 122 Organisasi yang tergabung dalam dalam Petisi Rakyat Papua (PRP)

Kepada yang terhormat semua anak Bangsa Papua dimanapun anda berada. Salam Juang!

Surat ini terpaksa kami buat secara terbuka guna menyampaikan satu sikap tegas secara bersama dari semua organisasi gerakan perlawanan di Papua yang tergabung di dalam PRP. Tentu saja surat ini keluar tidak terlepas dengan satu situasi yang menurut kami penting dan segera dituntaskan dalam waktu dekat, tanpa harus ditunda dengan alasan apa pun.

Surat ini wujud dari keresahan bersama akibat perampasan lahan yang masif, pembunuhan brutal, pemerkosaan, penangkap massal oleh negara penjajah Indonesia terhadap rakyat Papua. Pertimbangan ini mengharuskan adanya sikap tegas gerakan untuk menggalang kekuatan bersama. Membangun kekuatan Politik bersama, terlepas dari kepentingan faksi atau kelompok, jika tidak dilakukan segera maka rakyat Papua akan habis dihancurkan penjajah Indonesia.

Dalam etika borjuasi, tidaklah etis kami menyampaikan surat ini secara terbuka hanya saja, kami menyadari bahwa rakyat Papua merupakan subjek dari gerakan perjuangan pembebasan bangsa, salah satu kekuatan pokok revolusi nasional demokratik dan sebagai pelaku sejarah, penting untuk memahami dinamika gerakan, arah gerak dan apa yang harus dilakukan ke depan. Sehingga, sudah menjadi keharusan bagi setiap orang yang menganggap dirinya bagian dari bangsa Papua untuk mengakses semua informasi tentang kondisi hari ini dan apa yang harus kami lakukan.

Sehubungan dengan arus perkembangan politik yang tanpa kita sadari telah menimbulkan perpecahan amat sangat mengerikan dalam tubuh gerakan perjuangan bangsa Papua, baik tingkat diplomat maupun sipil yang kemudian berimbas pada berbagai macam pandangan di basis massa rakyat Papua. Situasi ini telah berlangsung lama tanpa ada titik terang dan membawa semua orang mengarah pada satu kebingungan lain, ke kebingungan yang lainya. Akibat dari situasi ini berdampak pada kerja-kerja perjuangan pembebasan nasional dan menghambat gerak perjuangan yang tidak ada artinya sama sekali.

Untuk keluar dari kekacauan yang berlarut-larut, maka, kami PRP sebagai front persatuan demokratik, gabungan dari gerakan perlawanan, pemuda, mahasiswa, dan rakyat Papua yang diundang dan hadir di antara 21 organisasi sebagai peserta pada pra KTT II ULMWP yang diselenggarakan oleh panitia KTT II ULMWP pada 19 – 21 Desember 2022 bertempat di Port Numbay, dengan ini menyatakan bahwa:

Pertama: Pra KTT II ULMWP adalah sah dan hasil dari Pra KTT II ULMWP merupakan suara bersama rakyat Papua.

Kedua: Kami Petisi Rakyat Papua mendesak panitia KTT II ULMWP agar segera melaksanakan KTT II ULMWP dalam waktu dekat.

Ketiga: Kami Petisi Rakyat Papua mendukung  perjalanan sdr. Markus Haluk bersama delegasi yang membawa hasil Pra KTT II ULMWP yang menetapkan waktu dan tempat pelaksanaan KTT II ULMWP. Pelaksanaan KTT II ULMWP adalah amanah konstitusi organisasi dan sebagai tempat untuk mempersiapkan ULMWP masuk sebagai anggota penuh Melanesian Spearhead Group (MSG).

Keempat: Kami mengajak seluruh rakyat Papua dan komponen gerakan perjuangan bangsa Papua juga solidaritas internasional, mari bersama kita mendukung dan menyukseskan penyelenggaraan KTT II ULMWP.

Kelima: Sekali lagi kami tegaskan, apabila saran kami tidak diterima, maka kami yang tergabung dalam PRP dengan tegas memberikan ultimatum untuk siap mengambil kendali perjuangan secara menyeluruh baik di dalam maupun di luar negeri.

Demikian surat terbuka sebagai sikap bersama ini kami buat, atas perhatian semua anak bangsa yang merindukan satu rumah bersama yang terbuka, demokratik, partisipatif, dan solidaritas, sebagai tempat pertarungan ide serta gagasan revolusioner, sebagai tempat yang mengantarkan perjuangan menuju pintu kemenangan, kami ucapkan terima kasih. Salam jabat erat!

Jayapura, 17 Maret 2023

Atas nama 122 organisasi dan 718.179 petisi rakyat Papua tolak Otsus dan DOB yang tergabung dalam PRP

Jubir Nasional

Jefry Wenda

Redaksi Lao-Lao
Teori pilihan dan editorial redaksi Lao-Lao

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Kirim Donasi

Terbaru

Orang Hugula dan Daya Ubah Sosial

Pendahuluan Almarhum Nico Aso Lokobal, salah satu budayawan terpenting Hubula/Hugula...

Dasar Monyet! Akar Rasisme Indonesia terhadap Papua

“Mengapa orang Indonesia masih terus bersikap rasis terhadap orang Papua setelah begitu banyak artikel, video, dan diskusi tentang bagaimana...

Relevansi Pemikiran Clara Zetkin untuk Pembebasan (Perempuan) Papua

Mengenal Feminis Sosialis saja tidak cukup. Kita harus mengenal siapa saja tokoh dibaliknya. Adalah Clara Zetkin namanya, perempuan revolusioner...

Kedaulatan Rakyat Papua yang Bebas dari Politik Borjuis

Ditulis oleh Renie Aryandani dan Rio Kogoya Dalam hitungan hari, momentum Pemilihan Umum (Pemilu) akan digelar serentak di Indonesia. Mengingat...

Tugas Gerakan untuk Orang “Amber” Papua

Dua tiga hari ini publik di Papua banyak bersolidaritas buat Muhammad Iqbal, seorang warga amber (orang Makasar lahir dan...

Rubrikasi

Konten TerkaitRELATED
Rekomendasi Bacaan